Gejala Nyeri Haid

Gejala Nyeri Haid – Nyeri haid umumnya muncul 1-2 hari menjelang haid dan mencapai puncaknya pada hari ke 1-3 masa haid. Nyeri ini kadang-kadang disertai sakit kepala, mual, muntah, dan nyeri perut hebat. bahkan, penderita bisa sampai berguling-guling di lantai karena rasa sakit yang amat sangat.

Gejala Nyeri Haid tersebut harus segera diperiksakan ke dokter. Namun sayang, wanita Indonesia elbih senang mengatasinya dengan mengguankan obat-obatan penghilang rasa nyeri yang berdar di pasaran. Bahkan ada anggapan salah di masyarakat, bahwa nyeri ini hilang dengan sendirnya apabila sudah menikah. Obat penghilang rasa nyeri yang diminum saat haid tidak mempengaruhi pertumbuhan endometriosis meskipun nyerinya hilang. Bahkan dalam jangka panjang, obat penghilang rasa nyeri akan merusak fungsi ginjal dan liver.

Gejala Nyeri Haid

Gejala Nyeri Haid

Adapula yang mengalami Gejala Nyeri Haid sampai mengganggu kegiatan sehari-hari. Kram dibawah perut, biasanya memiliki gejala sebagai berikut :

  • Nyeri atau kram di bawah perut, biasnaya dimulai 24 jam sebelum haid datang dan berlangsung samapi 12 jam pertama setelah haid keluar.
  • Nyeri punggung
  • Nyeri di sepanjang paha bagian dalam

Nyeri atau sakit haid yang muncul saat siklus haid sedang berlangsung diakibatkan karena zat prostaglandin yang membuat terjadinya kontraksi pada dinding rahim serta pembuluh darah pada sekitarnya menjadi terjepit dan bisa membuat iskemi jaringa, intensitasi kontraksi datang dengan berbeda-beda. Hal ini berarti bahwa rasa nyeri atau sakit haid merupakan salah satu hal yang normal terjadi pada wanita yang sedang mengalami siklus haid. Namun normalnya ini sesuai dengan tingkat rasa sakit yang dirasakan. Jika rasa sakit haid yang terasa berlebihan dan sakit sekali maka waspadalah karena akan memungkinkan akan terjadi suatu hal yang tidak normal dii dalam diri Anda misalnya salah satunya adalah mengidap penyakit pada organ intim wanita seperti penyakit kisa, polip, mioma dan juga jenis penyakit lainnya. Dan dalam beberapa kasus biasanya ditandai gejala nyeri haid seperti rasa mual, muntah, sakit kepala, stres, cemas, gelisah, diare, perut kembung dan juga bisa kehilangan kesadaran.

Cara alami yang bisa membantu mengurangi gejala nyeri haid ini bisa dilakukan dengan minum air hangat, selain itu menempelkan bantal pemanas pada bagian perut bawah, dan mengonsumsi asupan makanan yang mengandung vitamin B6, kalsium, dan juga magnesium, serta melakukan olahraga secara teratur dan melakukannya dengan benar serta mendaptkan istirahat yang cukup selama 8 jam dalam sehari untuk tidur. Namun, jika hal ini masih dirasakan, maka sebaiknya Anda melakukan konsultasi ke dokter.

Selain mengonsumsi makanan diatas, cara mengurangi gejala nyeri haid pada wanita adalah dengan mengonsumsi makanan dalam bentuk biji-bijian yang utuh. Menurut beberapa informasi yang ada, kandungan vitamin B6 yang ada di dalam biji-bijian utuh mempunyai manfaat baik untuk membantu mengurangi gejala nyeri haid, dengan memakan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi selama masa haid maka bisa membantu untuk mengurangu nyeri haid dan sakit haid. Namun Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa makanan yang dikonsumsi merupakan makanan yang dalam bentuk olahan lain bisa membuat gejala nyeri haid malah akan menjadi semakin terasa sakit. Hal ini dikarenakan kandungan kimia yang ada di dalamnya sangat berbahaya untuk tubuh.

Obat nyeri haid alami menggunakan :

  1. Obat nyeri haid chasyte tree berry
    Chaster tree berry meruupakan salah satu obat alami nyeri haid yang bisa membantu mengurangi depresi, sters, dan memberikan efek lebih tenang, nyeri pada payudara serta sakit kepala pada wanita. Namun, untuk Anda yang sedang mengonsumsi beberapa jenis obat untuk membantu mengatasi gangguan hormon yang terjadi sebaiknya jangan makan chaste tress berry karena akan menimbulkan suatu interaksi dengan obat yang sedang Anda minum.
  2. Evening primroses oil
    Obat nyeri haid evening primroses oil efeknya akan terjadi untuk meredakan rasa sakit haid dengan menyeluruh. Suatu penelitian menyimpulkan bahwa bahan evening primrose oil ini sangat efektif dan harus diteliti lagi.
  3. Obat nyeri haid daun urat
    Cara mengatasi gejala nyeri haid dengan menggunakan 1 genggam daun urat, dua genggam daun kumis kucing dan 3 gelas air. Cara membuatnya adalah daun urat serta daun kumis kucing dicuci terlebih dahulu sampai bersih. Kemudian daun kumis kucing direbus sampai mendidih dan setelah itu rebuslah selama 2-3 menit. Kemudian angkatlah air rebusan tadi dan tunggu sampai dingin. Jika sudah dingin maka sariinglah dan minum air rebusan tadi 2 kali dalam sehari.

Hal yang harus diperhatikan untuk mencegah gejala nyeri haid muncul adalah dengan melakukan olahraga secara teratur. Karena salah satu manfaat olahraga adalah untuk membantu melancarkan sistem sirkulasi darah dan bisa membantu membuat tubuh menjadi lebih bugar dan lebih sehat.

Gejala Nyeri Haid


=====================================

>>> Inti K&K Lancar Haid Membantu Melancarkan Haid dan Membantu Mengurangi Nyeri Pada Saad Haid, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *